MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Pengertian manajemen
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling) untuk mencapai tujun yang telah di tetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya (SD) lainnya.
Peranan manajemen
- Untuk mencapai tujuan
- Untuk mencapai keseimbangan di antara tujuan yang saling bertentangan
- Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas
Fungsi-fungsi manajemen
1. Perencanaan > planning
2. Pengorganisasian > organizing
3. Pengarahan > actuating
4. Pengendalian > controlling
Perencanaan atau Planning
Perencanaan adalah proses menetapkan tujuan dan sasaran, menentukan pilihan-pilihan tindakan yang akan di lakukan, dan mengkaji cara-cara terbaik untuk mencapai tujuan masa depan yang telah di tetapkan sebelumnya.
Proses penyusunan perencanaan
· Merumuskan misi dan tujuan
· Memahami keadaan saat ini
· Mempertimbangkan faktor pendukung dan penghambat tercapainya tujuan
· Menyusun rencana kegiatan untuk mencapai tujuan
Mengapa kita perlu perencanaan?
· Untuk mengidentifikasi peluang di masa depan
· Untuk menghindari dari kerugian
· Untuk mengembangkan langkah-langkah strategi
Apa saja yang di rencanakan?
· Produk (manajemen produksi)
· Dana (manajemen keuangan)
· SDM (manajemen SDM)
Jenis perencanaan
· Strategik : perencanaan yang berhubungan dengan kelangsungan hidup perusahaan, perkembangan di masa depan dan hasil yang akan di capai.
· Taktis : operasional (perencanaan jangka pendek) yang berhubungan dengan perencanaan operasional organisasi, seperti perencanaan produksi harian dan perencanaan penjualan harian.
· Perencanaan sekali pakai (anggaran, program, proyek) dan perencanaan tetap (kebijaksanaan, prosedur/aturan)
Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian adalah fungsi manajemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, megelompokkan, mendelegasikan wewenang, dan mengkoordinasikan aktivitas.
Tujuan dari pengorganisasian yaitu kita menjadi tahu tugas, kewajiban dan tanggung jawab. Serta terbina hubungan yang baik antar anggota.
Apa saja struktur organisasi?
· Bentuk dari pengalokasian
· Faktor menentukan perencanaan struktur organisasi :
1. Besar kecilnya organisasi
2. Strategi organisasi
3. Teknologi
4. Karyawan
Bentuk-bentuk struktur organisasi
· Struktur organisasi garis
· Strukutur organisasi fungsional
· Struktur organisasi garis dan staf
· Strukutur organisasi fungsional dan staf
· Struktur organisasi proyek
· Struktur organisasi matriks
Pengarahan (actuating)
Tujuan dari pengarahan yaitu untuk mengarahkan agar semua anggota organisasi melaksanakan tugasnya masing-masing.
Bentuk-bentuk kegiatan
· Berkomunikasi
· Pengarahan dan petunjuk
· Kepemimpinan
· Memotivasi
Pengendalian (controlling)
Pengendalian atau controlling adalah aktivitas menentukan mengoreksi apakah adanya penyimpangan antara perencanaan dan tujuan atau hasil yang telah di capai
Langkah-langkah pengendalian
· Menetapkan standar dan metode
· Mengukur prestasi kerja
· Menentukan apakah kerjanya sesuai standar koreksi
Tahap-tahap pada penegndalian
1. Top manager
2. Midle manager
3. Lower manager
Keterampilan manajemen
· keterampilan konsepitual
· keterampilan manusia + administrasi
· ketemapilan operasional
No comments:
Post a Comment